Cara untuk Mengatasi aki tekor cukup mudah, tinggal jumper aki mobil dengan aki mobil lain, untuk jumper silakan lihat gambar cara jumper aki untuk mengatasi aki tekor di bawah ini.
Alternatif lain untuk mengatasi aki tekor di perjalanan adalah dengan mendorong mobil, berikut cara menghidupkan mobil dengan cara mendorong nya:
1. Injak kopling mobil kemudian masukan gigi persneleng 2 atau atret
2. Dorong mobil hingga 5 sampai 10 meter jika jalan rata, jika jalan menurun jarak bisa lebih pendek.
3.Lepaskan pedal kopling sehingga mobil hidup, ini berlaku jika aki tekor tidak kurang dari sekitar 8 volt tegangan aki.
Jika tegangan aki sama sekali habis dengan tanda lampu indikator di dashboard tidak ada terlihat nyala atau nyala tetapi terlihat sangat redup, dengan cara mendorong tidak akan mampu menghidupkan mesin mobil,terutama untuk mobil mesin injeksi.
Setelah mobil hidup biarkan aki mobil terisi setrum oleh Alternator untuk beberapa saat mungkin sampai 15 atau 30 menit, sambil perhatikan lampu gambar aki di dashboard apakah nyala atau mati ketika mesin hidup. Jika saat mesin hidup lampu aki di dashboard nyala berarti harus periksa Alternator atau dinamo isi mobil. Lihat Cara cek Charging Mobil.
Setelah mobil bisa hidup selama 15 atau 30 menit dan lampu aki di dashboard tidak nyala saat mesin hidup, matikan mesin dan coba starter lagi untuk menguji kemampuan aki menyimpan setrum.
Aki tekor ketika sedang dalam perjalanan bisa di akibatkan oleh salah satunya kerusakan dinamo isi atau kleman pada aki kotor sehingga pengisian aki terjadi tidak maksimal saat mesin hidup. Mungkin tertarik silakan lihat cara untuk periksa drop tegangan pengisian Alternator ke Aki Mobil -->> DISINI
Tips cara lain untuk mengatasi aki tekor adalah :
Level Air Accu |
2. Kalau terjadi kekeringan air aki, tambahkan air aki kemudian charge accu, untuk beberapa kasus jika terjadi kekeringan air aki, charger aki dari alternator atau dinamo isi tidak cukup bagus untuk mengisi aki hal ini di sebabkan terjadi discharging jika membiarkan aki di setrum oleh dinamo isi di mobil.
Lebih baik lakukan charging terpisah atau bawa ke tempat setrum accu sampai muatan listrik aki mobil benar-benar penuh.
Setelah Accu di cas ditempat khusus setrum aki, uji kemampuan aki dengan cranking atau untuk memutar mesin selama 10 detik sebanyak 2 atau 3 kali tanpa mesin hidup. Jika saat cranking yang terakhir aki terasa tidak kuat memutar mesin, lebih baik ganti aki. Agar kita tidak di repotkan oleh aki yang soak.
0 comments:
Post a Comment