Saturday, September 8, 2012

Cara Test Kerja Magnet Clutch Kompresor Ac Mobil

Cara test atau periksa kerja magnet clutch kompressor ac mobil - Magnetic clutch disebut juga kopling magnet pada kompressor ac mobil yang berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin mobil dengan kompressor ac.

Pada kompressor ac mobil terdapat puli yang berputar terus-menerus mengikuti putaran mesin, di bagian sebelah dalam puli tersebut terdapat gulungan kawat email, jika gulungan kawat ini di aliri arus listrik akan terbentuk medan magnet yang akan menarik center piece dengan tertariknya center piece akan menghubungkan putaran puli kompressor ac dengan kompressor.
Kompressor ac mobil lengkap dengan magnet clutch assy

Cara test kerja magnet clutch cukup mudah yaitu dengan memberikan arus listrik dalam hal ini arus listrik dc 12 volt ke soket + magnet clutch. Jika center piece tertarik saat di berikan aliran arus listrik berarti magnet clutch bekerja dengan baik.

Untuk melakukan pengetesan atau periksa keja magnetic clutch ac mobil harus di lakukan saat mesin mobil sedang tidak hidup. Posisi mesin tidak hidup center piece bisa di putar menggunakan tangan tetapi puli kompressor tidak bisa karena belt pada puli kompressor terhubung dengan mesin.

Ketika soket Positif magnetic di berikan arus listrik atau tegangan listrik positif 12 volt, center piece akan tertarik oleh medan magnet dan menempel pada puli, dalam kondisi center piece tertarik serta menempel ke puli kompresor maka center piece akan terasa berat ketika di putar dengan tangan.

Semoga bermanfaat untuk yang memerlukan informasi ini, catatan lakukan hal ini hanya saat mesin mobil mati agar terhindar dari kecelakaan.

Kelebihan freon pada ac mobil juga bisa menyebabkan on off magnetic clutch terlalu cepat,untuk hal ini silakan di Kompressor Ac Mobil Terlalu Cepat On Off

Lihat juga Cara dan Prinsip Kerja ac mobil dan masalah ac mobil.

0 comments:

Post a Comment